Hati-hati! Bahaya Teknologi Mengintai Kamu Waktu Menggunakan Wifi Publik


http://www.moncleroutletgoods.com – Menggunakan teknologi wifi gratis memang seakan menjadi harapan. Bagaimana tidak, wifi gratis ini berarti kamu tak perlu keluar uang sama sekali untuk berseluncur di dunia maya, mengunggah foto ke sosial media, atau bahkan sekedar untuk menghabiskan waktu scrolling di timeline. Tak terbayangkan pula serunya download berbagai film dan lagu tanpa perlu khawatir kuota internet. Semua berkat wifi gratis.

Namun di balik semua keuntungan tersebut, rupanya ada pula kerugian tersendiri dari menggunakan teknologi wifi gratis. Sebenarnya tak banya wifi gratis, semua wifi yang sifatnya publik, dan terbuka digunakan oleh siapa saja (entah itu berbayar atau tidak), memiliki resiko beberapa bahaya di bawah ini.

Ingin tahu bahaya apa saja? Di bawah ini daftarnya.

  1. Snooping

Snooping merupakan sebuah kegiatan memata-matai. Yang mana untuk melakukan hal ini, seorang pengguna tak harus menjadi seorang hacker handal. Apa saja yang dimata-matai? Banyak. Dan biasanya berhubungan dengan aktifitas di dunia maya. Sebut saja kebiasaan kamu dalam berinternet, situs apa saja yang dikunjungi, alamat email kamu, rekan kerja, atau bahkan teman yang paling sering kamu hubungi. Hingga yang sifatnya lebih pribadi seperti password serta akun bank atau bahkan kartu kredit.

Kejahatan snooping ini lebih sering terjadi ketika menggunakan teknologi wifi publik, karena biasanya untuk masuk kamu tak akan perlu menggunakan password. Atau malah password yang diketahui semua user dengan jaringan wifi yang sama.

Akibatnya, tak ada enkskripsi yang bekerja pada jaringan ini. Dan user satu sama lain bisa melakukan snooping.

  1. Menyusup ke komputer

Nah bila kamu menggunakan laptop untuk mengakses wifi publik, jangan sekali-kali mengatur wifi tersebut sebagai Home Network di network location. Bingung? Jadi ketika mengakses sebuah wifi publik untuk pertama kali di laptop, terutama Windows, kamu akan diminta untuk memilih network location dari jaringan tersebut. Entah itu Home Network, Office Network atau Public Network.

Nah bila kamu memilih Home atau Office Network, sama saja kamu mempersilahkan pengguna di jaringan yang sama untuk masuk dan menyusup ke komputer kamu. Mereka akan bisa mengakses file, hingga memasukan virus ke dalam komputer kamu dengan mudah.

Karena itu bila terpaksa menggunakan teknologi wifi publik, pastikan memilih network location sebagai Public Network.

  1. Masuknya malware

Masih dengan alasan yang pertama dan kedua, bahaya ketika adalah masuknya malware. Setelah aksi snooping dan menyusup ke komputer, user atau pihak ketika yang berada di jaringan wifi yang sama memang pada akhirnya bisa melakukan banyak hal. Salah satunya memasukan malware.

Malware ini sendiri memang lebih cepat menginfeksi komputer yang berada di dalam sebuah jaringan. Berbeda dengan virus yang justru mudah menginfeksi dari file yang didownload. Mana yang lebih bahaya? Pastinya malware. Karena mereka masuk langsung ke dalam sistem komputer Judi Online.

  1. Jebakan betmen

Maksudnya? Jadi bila kamu sering sekali terhubung dengan wifi publik, hacker dan orang tak bertanggung jawab lain mungkin memanfaatkan hal ini untuk memasang jebakan. Jadi nantinya mereka akan memasang sebuah jaringan wifi publik (palsu), dengan nama yang sama seperti jaringan wifi publik yang biasa kamu gunakan.

Nah di jaringan palsu ini, bukannya terhubung ke internet, kamu justru akan masuk ke dalam jaringan yang penuh dengan jebakan dan juga virus. Sehingga nantinya mereka tak hanya akan melakukan snooping, namun sudah akan langsung mengirimkan malware dan mengambil alih jaringan komputer atau smartphone kamu.

Tak menyenangkan sekali bukan pada akhrinya?

  1. Pencurian

Selain 4 hal di atas, yang bisa dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab setelah masuk ke dalam jaringan kamu adalah melakukan pencurian data. Mereka yang sudah berada di dalam sistem tak akan menunggu lama untuk sebuah malware bekerja atau untuk snooping. Mereka justru biasanya akan langsung melakukan pencurian pada data-data yang ada.

Mereka akan mengambil file yang dirasa penting, hingga mengacaukan semua data yang Anda miliki. Pencurian ini pun termasuk dengan melakukan pencurian pada data pribadi mereka.



Got something to say?


(required)


Tags: , , ,



agen sbobet
http://www.jordans11.net